Liputan PERNIK Mahasiswa Fakultas Teknik

Mahasiswa Teknik Diminta Berpikir Kritis Dan Dinamis

Senin, 03 Maret 2014 14:50 WIB | Daerah | Dibaca 355 kali

Oleh: Achmad Irfan

Jakarta, (Antara) – Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana Jakarta, diminta berpikir kritis dalam melihat peluang dan dinamis untuk membuka usaha baru.

“Mahasiswa tidak bisa mengandalkan ijazah saja tetapi juga kreatifitas dan sikap kritis serta tahan mental dalam menghadapi persaingan,” kata Wakil Rektor Universitas Mercu Buana, Dana Santoso di ditemui usai membuka Pekan Karya Teknik 2014, Senin.

Dana Santoso mengatakan, perkembangan teknologi dan kemudahan untuk mengakses segala sesuatunya membuat orang menjadi malas dalam mengembangkan kreatifitasnya.

Akibatnya, banyak orang yang memilih pekerjaan dengan jarak dekat dan cepat diselesaikan. Dibandingkan dengan kerjaan kasar seperti jurusan teknik. Padahal, hasil karya yang dihasilkan dari ilmu teknik merupakan pokok utama sebelum dinikmati banyak orang.

“Banyak yang memilih pekerjaan instant karena kemajuan teknologi seperti gadget. Padahal, ilmu teknik adalah pokok utamanya,” ujarnya.

Dana mencontohkan mengenai pengusaha Joko Supono selalu Dirut PT Amanah Prima Indonesia yang melihat peluang usaha dari jus buah.

Meski semua pihak membuat jus buah, namun Joko Supono mendesainnya dengan hal yang beda dan daya tarik bagi pembeli. “Mahasiswa memiliki kemampuan dengan teori dan literatur. Semestinya dapat memanfaatkan itu,” tegasnya.

Dana juga menyoroti mengenai rendahnya minat terhadap jurusan teknik. Hal itu karena, jurusan teknik selalu bersentuhan dengan hal – hal yang kasar seperti melakukan las atau bubut.

Akibatnya, peminat mahasiswa jurusan teknik sangat minim. Maka itu, pelaku usaha harus gencar melakukan sosialisasi dan kegiatan yang melibatkan pelajar SMA kelas 2 dan 3 agar tergambar mengenai minat jurusan teknik.

“Kami juga sudah minta kerjasama dengan pelaku industri agar membantu menyalurkan dan mengembangkan kreatifitas mahasiswa dalam pekerjaannya,” ujarnya.

http://www.antarabanten.com/berita/20064/mahasiswa-teknik-diminta-berpikir-kritis-dan-dinamis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *